Sabtu, 07 Juni 2014

Contoh Kasus Pelanggaran Hak Cipta

Dikutip dari Wikipedia, Pelanggaran hak cipta adalah penggunaan karya berhak cipta yang melanggar hak eksklusif pemegang hak cipta, seperti hak untuk mereproduksi, mendistribusikan, menampilkan atau memamerkan karya berhak cipta, atau membuat karya turunan, tanpa izin dari pemegang hak cipta, yang biasanya penerbit atau usaha lain yang mewakili atau ditugaskan oleh pencipta karya tersebut.


beberapa waktu lalu sempat menguat berita tentang band Radja  yang melayangkan somasi kepada Inul Daratista. Radja yang diwakili oleh Ian Kasela dan Moldy menganggap bahwa Inul Vista telah mencuri lagu baru mereka berjudul Parah. Lagu ini menurut Radja belum resmi dirilis namun sudah ada dalam list lagu di outlet Inul Vizta.

Mereka mengklaim bahwa Inul Vizta telah melakukan pelanggaran terhadap pasal 72 Jo Pasal 49(1) Jo Pasal 2 (1) UU No. 19 tahun 2002 tentang hak cipta yaitu dengan sengaja membuat, memperbanyak atau menyiarkan rekaman suara tanpa persetujuan pemilik hak cipta.

Mereka mengaku sangat dirugikan karena lagu "Parah" diputar di Inul Vizta tanpa izin.
Pasalnya lagu tersebut dan albumnya sudah diincar oleh label internasional dengan harga mahal. Karena ada kasus ini, mereka terpaksa melakukan negosiasi ulang.

Analisis :


kasus ini pasti memberikan kerugian antara kedua belah pihak. khususnya band Radja,
Pihak Radja mengaku sangat dirugikan karena lagu "Parah" diputar di Inul Vizta tanpa izin.
Pasalnya lagu tersebut dan albumnya sudah diincar oleh label internasional dengan harga mahal. Karena ada kasus ini, mereka terpaksa melakukan negosiasi ulang. 
"Pertama-tama, ini nilai kontrak kita sama label asing. Mereka setelah mendengar demo lagu "Parah" tertarik banget, nilai kontrak kita Rp4 miliar sama mereka," ujar, Ian Kasela, di kawasan Blok M, Jakarta.

Ternyata, angka Rp4 miliar diperoleh Radja dari nilai kontrak mereka dengan sebuah label asal Singapura yang belum bersedia disebutkan namanya. Dengan kasus tersebut, tentu negosiasi antara maanajemen Radja bersama pihak label sedikit terhambat.
Source:  
http://music.okezone.com
http://musik.kapanlagi.com/berita/parah-dicuri-radja-somasi-inul-vista-33401b.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar